Interaksi dan Promosi Usaha – Syarat Biar Orang Mengenal Usahamu

Interaksi dan Promosi Usaha, Syarat biar orang mengenal usaha yang kamu punya. Tak kenal maka tak sayang, tak kenal maka tidak laku. Kalau kita buka usaha, tapi malu, maka siap siap nggak laku. Berinteraksi dengan orang orang memberikan banyak keuntungan. Yang pertama, tentu masalah promosi. Yang kedua, masalah insight atau masukan, saran, kesan, pesan, komentar dari mereka.

Interaksi dan Promosi Usaha
berinteraksilah dengan pelanggan

Interaksi dan Promosi Usaha untuk Pelaku bisnis kecil-kecilan seperti kita

Artikel ini merupakan penjelasan lebih panjang dari artikel persiapan buka usaha yang sebelumnya sudah ditulis. Semoga bisa mencerahkan. Kalau kamu yang baca malah makin bingung, bisa ditulis di kolom komentar sekalian kita diskusi dan belajar bareng tentang usaha kecil.

Sebagai orang yang mengelola bisnis kecil-kecilan – tentu dengan harapan nanti akan menjadi bisnis yang besar, kita harus bisa punya hubungan yang baik dengan konsumen kita. Kuncinya ya interaksi. Koneksi atau hubungan antara kita sebagai individu dengan pelanggan sebagai individu juga. Pelanggan tentu pengennya dilayani dan diberi produk yang baik dari orang yang baik juga, bukan cuman belanja, lalu dapat barang dan jasa, trus udah selesai.

Dengan berinteraksi dengan pelanggan, dan calon pelanggan tentunya, membuat kita mengetahui keinginan dan kebutuhan mereka. Perlu kita ingat juga, bahwa kebutuhan pelanggan akan berkembang seiring dengan waktu. Berkembangnya kebutuhan pelanggan, akan mempengaruhi mereka dalam memanfaatkan usaha kita – kalau bukan malah meninggalkan kita.

Kita bisa memulai dengan bertanya kabar mereka sebagai awalan interaksi dengan mereka. Bertegur sapa ini bisa berlanjut dengan bertanya tanggapan mereka tentang usaha kita yang telah mereka terima manfaatnya. Lalu bisa juga diakhiri dengan memberitahukan kepada mereka adanya pembaharuan apa dalam usaha kita sehingga mereka bisa tau kalau kita punya sesuatu yang baru.

Pelanggan adalah raja

Prinsip utama yang harus dipegang kuat tentang bisnis dan usaha adalah, pelanggan adalah penentu sukses tidaknya suatu bisnis. Kan katanya pelanggan adalah raja. Interaksi dan promosi usaha kita kepada mereka akan menjadi salah satu kunci biar mereka, para pelanggan ini tetap terikat dengan kita.

Mempertahankan pelanggan itu sulit lho. Apalagi bisa membuat mereka sampai ikut mempromosikan usaha kita kepada jejaring yang mereka miliki. Tondy Tenda sendiri selama menjalankan usaha persewaan tenda ini telah merasakan benar bagaimana pelanggan ternyata turut mempromosikan usaha sewa tenda kami kepada teman teman mereka. Semoga mereka yang telah membantu Tondy Tenda ini senantiasa diberikan kebaikan dalam hidupnya ya.. hehehe

Beberapa tips dalam berinteraksi dengan pelanggan antara lain

  • Jadilah pendengar yang baik untuk pelanggan.
  • Belajarlah untuk jadi pencerita yang baik untuk pelanggan, terutama cerita cerita yang menarik minat mereka
  • Tetap terbuka dengan berbagai pandangan orang
  • Jadilah sederhana, tidak berlebihan
  • Peduli dengan masalah mereka
  • Berempati alias bisa meletakan diri kita pada posisi mereka

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *