Cara Untuk Tetap Fokus Pada Usaha Yang Sudah Kamu Niatkan

Cara untuk tetap fokus dan menekuni usaha yang sudah kamu niatkan. Fokus, ketekunan menjalankan rencana bisnis adalah resep utama dalam keberhasilan usaha.

Coba kamu cari orang yang menurutmu berhasil di bidangnya lalu kamu tanyakan rahasianya. Umumnya mereka akan menjawab karena mereka (fokus) menekuni hal yang mereka jadikan tujuan tersebut. Mau susah mau gampang, mereka terus ngerjain hal tersebut. Hujan atau terik mentari nggak menghentikan mereka untuk terus bekerja mencapai tujuan yang sudah mereka tetapkan.

Cara untuk tetap fokus
Fokus bikin kamu bisa merealisasikan tujuanmu

Sebetulnya fokus itu apa sih? Fokus itu arti sederhananya adalah kamu tidak terdistraksi atau tidak terganggu dengan hal hal yang sebenarnya tidak membantumu mencapai tujuanmu. Dalam bisnis, usaha, atau jualan fokus itu sangat penting. Fokus bikin kamu bisa berhemat dan tidak mengeluarkan uang hasil usahamu untuk hal yang tidak terlalu menunjang usahamu. Selain itu fokus bikin kamu bisa menggunakan waktu luang untuk kegiatan yang membangun bisnismu. Kamu pegang gadget, yang kamu kerjakan itu bisnismu. Ketemu orang, yang kamu bicarakan adalah mempromosikan bisnismu. Itulah Fokus.

Terus gimana caranya biar kita bisa fokus?

Cara untuk tetap fokus bisa kamu temukan sendiri sebenernya. Pada artikel kali ini, tondy tenda akan bagikan cara kami tetap fokus pada tujuan kami.

Cara untuk tetap fokus yang pertama, bikin atau lakukan sesuatu yang bakal ngingetin kamu pada tujuanmu

Kamu bisa bikin poster yang bikin kamu inget pada tujuanmu. Atau kamu bisa ngasih tau orang orang terdekatmu kalau kamu punya tujuan tertentu yang pengen kamu capai. Misal kamu bikin tempelan di dinding kamarmu isinya gambar orang yang sukses jualan. Atau kamu kasih tau pacarmu kalau kamu pengen punya bisnis yang sukses dan minta dia ngingetin kalau kamu keasyikan main.

Kalau tondy tenda sendiri, bikin wallpaper di laptop tentang usaha persewaan tenda yang sukses. wallpaper itu isinya apa yang bikin suatu usaha akan sukses. Jadi tiap penulis buka laptop, di halaman paling awal yang penulis lihat adalah wallpaper tentang hal hal yang penulis lakukan biar usaha ini sukses.

Kedua, bikin rencana tiap harinya

Sebelum tidur, kamu harus udah punya catetan, besok mau ngapain aja. Bahasa kerennya daftar agenda. Lebih baik lagi kalau kamu punya agenda bulanan yang isinya kegiatan yang berhubungan sama bisnismu.

Jadi besoknya saat kamu bangun, kamu udah tau hari itu kamu mau ngapain aja. Rencana hari itu sudah tersedia untuk kamu jalani. Inget lho bisnis yang sukses dibangun dari hari ke hari.

tentunya nggak cuman rencana, tapi juga realisasi. Misal kamu mau bayar tagihan pinjaman modal usaha pada hari itu, ya kamu harus lakukan. Jangan malah ditunda.

Ketiga, kerjakan tugas yang susah duluan

Cara ketiga ini penting. Pekerjaan yang susah umumnya akan menghabiskan banyak energi kita. Jika pekerjaan yang susah ini kita kerjakan di penghujung hari, kita udah terlalu capek untuk melakukannya. Akhirnya ya kita akan menunda tugas yang susah ini.

Kalau Tondy Tenda, salah satu pekerjaan yang paling melelahkan adalah memperbaiki tenda. Ya mau nggak mau pekerjaan ini tondy tenda lakukan pada awal hari saat tondy tenda mulai beraktivitas. Setelah itu selesai, rasanya jadi plong, dan pekerjaan yang lain juga akan terasa lebih ringan karena pikiran kita tidak dibebani tuntutan untuk mengerjakan sesuatu yang berat.

Keempat, Cara untuk tetap fokus adalah dengan menghilangkan gangguan

Gangguan datang dari berbagai hal. Misal kaya pas tondy tenda harus merapikan catatan atau administrasi persewaan tenda, tiba tiba ada teman yang datang dan ngajak bergosip. Ya penulis harus tidak mendengarkan gosip dari teman tersebut. Kalau penulis malah ikutan nggosip, maka penulis akan kehilangan waktu yang ada.

Inget, semua manusia punya modal yang sama. Tiap orang sudah dikasih waktu 24 jam perharinya untuk mereka menjadi manusia terbaik. Tapi tidak sedikit orang yang justru menggunakan waktu yang dikasih untuk hal hal tidak penting. Gangguan atau distraksi ini adalah salah satu alasan terbesar orang orang gagal dalam mencapai keberhasilan bisnis atau hidupnya.

Kelima, Istirahat, refreshing, penyegaran diri juga penting

Kamu tau nggak kalau kamu terlalu fokus malah kamu bisa jadi stres. Saking fokusnya kamu, sampai sampai kamu meninggalkan hal penting dalam hidupmu untuk mengejar tujuanmu.

Terlalu fokus akan berakibat pada dua hal. yang pertama, kamu akan mengorbankan yang lain demi keberhasilanmu. Jika kamu akhirnya berhasil maka pengorbananmu terbayar. Jika keberhasilanmu ternyata butuh dicapai dalam waktu yang lama, maka kamu bisa jatuh duluan karena terlalu banyak yang kamu korbankan.

Kamu bisa ditinggal kekasihmu karena kamu nggak peduli dengan dia. Kamu bisa dilupakan sama teman temanmu karena kamu nggak pernah lagi bergaul dengan mereka. Akhirnya kamu kesepian dan keberhasilan tidak kunjung datang, apa efeknya? ya kamu bakal ngrasa apa yang kamu lakukan sia sia.

Yang kedua, kamu bisa stres atau malah jenuh. Fokus itu melelahkan. Terlalu fokus, itu memuakan. Bisa bisa malah kamu secara total kehilangan passionmu untuk mencapai tujuanmu karena stress atau burn out (jenuh).

Kamu butuh juga rehat sejenak. Bersenang senang adalah hak dasar semua orang. Istirahat dan tidur yang cukup tidak membuatmu menjadi orang yang tidak fokus. Coba sesekali, bermeditasi dan mengosongkan pikiran. Piknik, atau melakukan hal hal baru diluar tugas tugasmu sebagai bentuk refreshing. Selain menjadi segar kembali, kamu juga malah bisa dapat inspirasi baru untuk mengembangkan bisnismu.

Jadi, itulah lima cara untuk tetap fokus yang dibagikan oleh Tondy Tenda. Dengan tetap fokus pada tujuanmu, keberhasilanmu hanyalah masalah waktu.

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *