Cara Jualan di Sunmor Sultan Agung – Tempat Wisata Belanja Di Bantul

Cara jualan di Sunmor Sultan Agung Sewon Bantul. Sunmor Sultan Agung terletak di Kabupaten Bantul, di Stadion Sultan Agung.

Eh, udah tau kan sunmor itu apa? Sunmor itu singkatan dari sunday morning. Alias kegiatan di hari minggu pagi. Ada juga sunmori, singkatan dari sunday morning ride. Yang berarti berkendara atau touring di hari minggu pagi.

Nah tulisan kali ini, membahas tentang sunmor di Bantul, khususnya cara jualan disana. Karena kebanyakan yang baca situs ini adalah pelaku usaha kecil, Jadi ya yang dibahas adalah caranya biar bisa jualan di Sunmor Sultan Agung. Sekilas gambaran Sunmor Sultan Agung.

Sebetulnya buat pedagang kaki lima atau pedagang yang biasa jualan di banyak tempat ada dua cara yang biasa dilakukan biar bisa jualan di suatu tempat.

Cara yang pertama adalah cara yang kasar. Cara ini gambarannya seperti, kita langsung menempati tempat yang mau kita pakai. Kita menempati hingga, kita menunggu diusir. Nantinya kan yang punya wewenang di tempat tersebut akan mendatangi kita dan mengingatkan kita untuk tidak berjualan disana. Atau menegur kita. Saat inilah sebenarnya komunikasi antara kita dan penguasa tempat terjadi dan kita bisa langsung meminta izin kepada pihak yang berwenang. Kalau izin tidak diberikan ya berbuatlah lebih agar izin bisa turun.

Cara kedua adalah cara yang halus. Dimana kita berusaha untuk mencari izin terlebih dahulu kepada penguasa tempat untuk dapat menggunakan tempat yang tersedia. Penguasa tempat ini, yang bisa jadi ketua paguyuban, preman penguasa wilayah, dinas atau kantor terkait, atau apapun yang memiliki kejelasan dan sejarah yang terikat dengan tempat tersebut. Setelah bertemu penguasa tempat, dan memenuhi syarat syarat pendaftaran, barulah kita berjualan di tempat tersebut.

Kalau pakai cara yang kedua, kemarin minggu 26 Juli 2020, mumpung tondy tenda ada pesanan sewa tenda di sana, tondy tenda juga menyempatkan diri untuk mencari informasi cara jualan disana.

Cara jualan di Sunmor Sultan Agung

Informasi yang berhasil kami kumpulkan memang berbeda beda, namun hampir sama.

cara jualan di sunmor

Yang pertama, bagi yang mau jualan disana bisa ndaftar ke panitia yang sudah ada di pintu masuk stadion. Panitia panitia ini cenderung sibuk mengatur pengunjung yang mau masuk lingkungan stadion. Jadi nanti mereka akan mengarahkan kita untuk ketemu sama pihak yang memang bertugas mengatur orang orang yang berjualan.

Diikuti saja alurnya. Nantinya ada biaya yang harus dibayarkan. Untuk pedagang yang bukan anggota, atau pedagang yang masih baru, bisa memilih dua tempat. (1) Tempat yang memang benar benar kosong, dan (2) tempat yang sebenarnya sudah ada pedagang yang menempatinya namun pada hari tersebut mereka libur.

Untuk tempat yang nomor 1, berdasarkan informasi yang beredar, kita akan dikenakan biaya Rp 25.000. Biaya tersebut juga sudah mencakup biaya kebersihan sebesar Rp 10.000.

Untuk tempat yang nomor 2, biaya yang harus dibayar adalah sebesar Rp 50.000. Biaya ini juga sudah mencakup retribusi kebersihan juga Rp 10.000.

Penempatan lapak jualannya

Untuk penempatannya, yang pilihan pertama cenderung lebih baik dibandingkan yang nomor dua. Karena tempat yang pertama sudah biasa digunakan untuk berjualan. Sedangkan tempat yang kedua kita akan diletakkan di tempat yang benar benar belum pernah dipakai jualan. Jadi kemungkinan kavling jualan yang ditempati akan dilewati pengunjung lebih besar pada tempat yang pertama.

Sekedar saran sebelum jualan disana

Sebaiknya lakukan survei sebelum mencoba untuk berjualan disana. Tujuannya adalah mempelajari keadaan. Seperti mencari lokasi parkir, barang-barang dagangan yang bagus untuk dijual disana, tempat yang banyak pengunjung berkerumun dan hal dasar lainnya. Jadi saat nanti pertama kali jualan di Sunmor Sultan Agung ini kita nggak bingung dan kehilangan waktu karena kurang kurang persiapan.

Salah satu persiapan yang juga dibutuhkan adalah mempersiapkan tenda untuk jualannya. Kami dari tondy tenda juga sedia tenda lipat untuk dipakai disana. Pemesanan di tempat kami tidak dikenai biaya kirim, dan pemesan tinggal memberitahukan akan menempati lahan yang sebelah mana, nanti tendanya kami pasang dan anda tidak jualan. Cek sewa tenda lipat di Bantul.

Akhir kata, selamat berjualan. Carilah nafkah, karena kepingan emas tidak akan jatuh dari langit.

Bagikan :

1 comment on Cara Jualan di Sunmor Sultan Agung – Tempat Wisata Belanja Di Bantul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *