Sunmor UGM Kapan Buka? Banyak Yang Nungguin Sunmor Buka

Sunmor UGM kapan buka? Udah banyak banget yang nanyain ke Tondy Tenda hal ini. Banyak juga yang nanyain hal yang sama ke media sosial yang berkaitan dengan Sunmor UGM, seperti facebooknya sunmor, yang bisa dilihat di dinding akun tersebut..

Tentu pembaca udah pada tau apa itu Sunmor UGM. Sunmor UGM itu pasar yang buka hanya pas hari minggu pagi hingga pukul 12 siang.

Sunmor itu…

Buat pengunjung, Sunmor UGM itu tempat nongkrong, belanja barang murah, sama tempat buat berekreasi mengisi waktu luang di hari minggu.

Buat pelaku usaha kecil atau pedagang, terutama pedagang yang pernah jualan di Sunmor UGM, menjadikan event ini sebagai salah satu kesempatan untuk cari nafkah dan menjajakan barang dagangannya. Promosi dan nunjukin dagangannya kalau biasanya mereka jualan online dan nggak punya toko fisik.

Pelaku usaha yang jualan di Sunmor jumlah mencapai 1000an orang. Jadi ya memang ramai sekali, setidaknya ramai pedagang disana, hahaha

Sunmor tutup…

Kemarin pada bulan Maret tahun 2020, tepatnya tanggal 29 Sunmor UGM akan ditutup sementara dikarenakan akan ada hajatan pemilihan kepala daerah setempat yang pelaksanannya tepat di hari Minggu.

Waktu itu kasus virus Corona sudah booming, tapi belum menyebabkan pasar dan perkantoran di Daerah Istimewa Yogyakarta ditutup. Kasus pertama di Provinsi istimewa ini tercatat pada tanggal 15 Maret. Yang juga bertepatan di hari Minggu.

Setelah kasus covid-19 pertama terjadi di Yogyakarta barulah keluar maklumat untuk menutup Sunmor yang dimulai dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Maklumat ini lalu diikuti oleh panitia dan para pengurus sunmor UGM untuk nutup pasar yang akhirnya pasar minggu pagi ini juga tutup.

Sunmor sudah 6 bulan tutup

Kalau dihitung dari tanggal 22 Maret sunmor diliburkan hingga sekarang berarti sudah 21 minggu sunmor tutup. Selama itu para pedagang dan pelaku usaha yang biasa berkecimpung didalamnya menunggu dengan sabar.

Saat awal ditutup sebenarnya juga banyak pasar dan event keramaian yang ditutup atau dibatalkan pelaksanaannya. Tempat wisata di jogja pun mulai ditutup satu persatu. Malioboro misalnya juga tutup hingga dibuka kembali bulan Juli kemarin.

Kegiatan keramaian yang selama ini dilarang mulai dibuka lagi untuk membangkitkan perekonomian. Baik itu ditingkat makro bahkan hingga tingkat rumah tangga. Tidak dapat dipungkiri, larangan beraktivitas ini berimbas pada pola penghidupan masyarakat, termasuk juga pelaku usaha yang berjualan di Sunmor UGM.

Sekarang tempat wisata termasuk juga pasar dan perkantoran dimana mana sudah mulai kembali membuka diri dengan kesiapan kebiasaan baru, namun Sunmor UGM juga masih tutup.

Jadi, Sunmor UGM kapan buka?

Nah, itu penulis sendiri juga tidak tau. Kapan tempat atau kegiatan yang disebut Sunday Morning UGM ini akan dijalankan lagi.

Yang jelas penulis sendiri merasa perlu menjawab pertanyaan pelaku usaha yang menggantungkan hidupnya dari berjualan di hari minggu. Yang mereka juga pada hari hari biasa bekerja mencari nafkah juga. Dan menjadikan hari minggu sebagai tambahan agar roda kehidupan mereka bisa terus berputar.

Salah satu jawaban yang bisa ditawarkan adalah dengan mencari tempat untuk berjualan yang baru. Di Sunmor Sultan Agung Bantul bagi mereka yang tinggal di Yogyakarta bagian selatan, atau di sekitaran Stadion Maguwoharjo dan Lapangan Denggung Sleman bagi yang berada di Yogyakarta bagian utara. Untuk yang berada di tengah tengah, bisa mencoba untuk berjualan di Alun-Alun Kidul dan masih banyak tempat untuk berkegiatan/jualan di hari minggu lainnya.

Kalau untuk jualan di Maguwo, temen temen bisa milih jualan di bagian dalam stadion, maupun bagian luar stadionnya. Sekarang Sunmor Maguwo sangat ramai, dikarenakan Sunmor UGM tidak beroperasi lagi.

Tondy Tenda juga menyediakan persewaan tenda dan perlengkapan jualan di tempat tempat tersebut pada hari Minggu. Rekan-rekan pelaku usaha kecil tinggal menghubungi kami saja, dan kebutuhannya untuk berjualan seperti tenda lipat, meja lipat, kursi, bisa diantarkan ke tempat kamu berjualan.

Jadi para pelaku usaha tetaplah semangat, tidak ada salahnya memulai usaha di tempat yang baru. Siapa tau malah jualannya lebih bagus dibandingkan jualan sewaktu di Sunmor UGM.

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *