Jualan di Sunmor UGM – Cara buka stand buat pedagang umum

Untuk para pedagang yang cari cara jualan di sunmor UGM, nggak tau harus gimana, ngehubungin siapa, datang kemana, padahal pengen buka stand di tempat wisata belanja yang ramai pengunjung dan bisa buat jualan berbagai macam dagangan, ini Tondy Tenda penuhi janji kemarin dengan memberikan seluk beluk cara buka lapak di Sunmor UGM.

Yang paling awal nih…

Ada beberapa syarat penting untuk para pedagang yang mau membuka stand alias berjualan di Sunmor UGM. Syarat tersebut,

  1. Punya barang dagangan, ya iyalah hehe
  2. Nggak malu nawarin barang dagangannya didepan umum, karena ini jualan di dunia nyata bos, bukan jualan online
  3. Tau dimana sunmor UGM, karena kalau nggak tau nggak bakal bisa kesana apalagi mau jualan hehe

Nah langsung aja ke intinya, kalau kamu pedagang yang pengen coba jualan di Sunmor UGM, ada langkah yang bisa kamu terapin biar bisa jualan disana.

Coba ke Sunmor sebagai pengunjung dulu

Langkah paling dasar adalah, kamu main dulu ke Sunmor UGM, biar tahu kaya apa Sunmor UGM itu, setelah itu segera cari petugas petugas lapangan yang banyak berseliweran di sepanjang Sunmor UGM. Sebutannya Korlap, kepanjangannya Koordinator lapangan yang ngatur tiap tiap zonasi di Sunmor UGM.

Gimana cara tau yang mana korlap dan yang mana yang pengunjung biasa bisa dilihat dari atribut yang mereka kenakan. Biasanya korlap mengenakan atribut berupa seragam kemeja berwarna merah ataupun hitam. Seragam itu ada tulisannya ‘Sunmor’ atau tulisan ‘Perkumpulan Pedagang Sunday Morning’.

Trus ngapain sama korlap? ya kamu tanya ke mereka cara-cara jualan di Sunmor UGM. Biasanya tiap tiap korlap akan punya penjelasan sendiri.

Cara biar pedagang umum bisa jualan di Sunmor UGM

Disini Tondy Tenda njelasin tentang cara yang paling umum ya, nanti kalian akan dapat informasi untuk melakukan pendaftaran di sekretariat pengelola Sunmor. Informasi tentang kapan pendaftarannya dibuka, dan biaya pendaftaran berapa juga bisa kamu tanyakan kepada petugas bernama korlap ini hehe.

Biar makin jelas, bisa juga kamu minta share lokasi tempat pendaftaran kepada korlap bersangkutan, jadi nanti pada hari pendaftaran kamu tinggal ke lokasi sesuai Google map tersebut.

Nih sekalian aja, Tondy Tenda bagikan lokasi tempat pendaftaran dilakukan,

Setau Tondy Tenda, waktu pendaftaran untuk pedagang dadakan atau pedagang insidentil ini adalah tiap hari sabtu, dimulai pada pukul 11.30 WIB. Kamu tidak akan sendirian disana, karena akan banyak pedagang dadakan lain yang juga akan mendaftarkan diri mereka. Selain itu kamu juga akan menemui petugas yang mengurusi pendaftaran disana yang bisa kamu tanya-tanyai biar kamu makin paham gimana jualan di Sunmor UGM.

Sepengetahuan Tondy Tenda lagi, pada saat mendaftar, kamu akan disuruh mengikuti undian, dikarenakan biasanya jumlah pedagang dadakan yang datang melebihi jumlah tempat yang tersedia untuk jualan. Oleh karena itu biasanya selama ini para petugas penjaga pendaftaran akan melakukan pengundian agar tempat terbagi dengan baik.

Jika kamu beruntung dalam pengundian dan mendapatkan hak untuk berjualan, maka kamu akan diberikan kesempatan untuk memilih tempat yang pada hari Minggu nanti akan kamu pakai berjualan disana.

Jika kamu tidak beruntung dalam pengundian, masih ada cara lainnya, yang akan Tondy Tenda beritahukan pada artikel selanjutnya.

Setelah itu

Nah kita asumsikan kamu cukup beruntung dalam undian sehingga mendapatkan kesempatan berjualan. Setelah melakukan pendaftaran, kamu akan memilih tempat. Kamu akan diberikan semacam surat tentang izin berjualan mingguan yang berisikan identitas kamu, dan nomor kavling tempat kamu akan berjualan pada hari minggunya, dan informasi lainnya. Saran Tondy Tenda, kamu segera tanyakan dimana pastinya lokasi kavling atau lapak tersebut kepada petugas yang ada saat di tempat pendaftaran, lalu kamu tinjau lokasi tersebut segera setelah sepulang dari lokasi pendaftaran.

Peninjauan lokasi ini berfungsi agar besoknya pada hari Minggu, kamu tidak lagi kebingungan mencari dimana stand yang menjadi tempat kamu jualan. Ingat, Sunmor UGM itu pasar yang memiliki panjang hingga 1,5 Kilometer, terdiri dari 3 wilayah (selatan, tengah, dan utara), dan terbagi lagi menjadi 22 zona yang diberi kode alphabet. Tiap tiap zona tersebut setidaknya terdapat 30 hingga 40 lapak.

Peta Sunmor UGM
Sunmor UGM itu panjang – mulai dari Perempatan Sagan hingga Selokan Mataram

Kamu tanyakan kepada petugas yang menjaga pendaftaran pertanyaan seperti, ‘kavling/lapak ini ada diatas trotoar atau dibadan jalan’, ‘kavling ini sebelahnya jualan apa’, ‘lapak ini dimananya parkiran’ dan pertanyaan lainnya sehingga kamu benar benar paham besoknya kamu akan berjualan dimana.

Hari minggunya..

Nah setelah itu, memasuki hari Minggu, pada pagi harinya segera kamu ke lokasi dengan membawa perlengkapan dan peralatan jualanmu. Jangan berangkat siang karena kamu akan terkena macet disebabkan banyaknya pedagang lain yang juga datang kesiangan.

Setelah itu, kamu bisa jualan dech. Oiya, pendaftaran ini harus dilakukan tiap minggu ya. Jadi setiap hari sabtu kamu mendaftar di sekretariat, dan minggu berjualan. Begitu terus. Pada artikel berikutnya, Tondy Tenda akan beritahukan cara jualan di Sunmor UGM yang kamu nggak perlu tiap minggunya daftar.

Kesimpulannya..

Nah versi ringkasnya, anggaplah kesimpulan tulisan kali ini, bagi pedagang baru yang mau coba jualan di Sunmor caranya adalah
1. Datang ke Sekretariat Sunmor UGM, setiap hari Sabtu, pukul 11.30 WIB,
2. Daftar dan ikuti undian yang dilakukan disana,
3. Kalau undiannya tidak memberimu kesempatan berjualan, kamu bisa berjualan dengan mencari tempat sendiri di hari minggunya,
4. Kalau undiannya memberimu kesempatan berjualan kamu bisa memilih tempat,
5. Kamu mendapat surat jualan dan kamu bayar biaya pendaftaran kepada petugas,
6. Kamu tinjau lokasimu jualan
7. Pada hari minggunya kamu berjualan di lokasi tersebut di Sunmor UGM.

Udah Mantep Jualan? Jangan lupa perlengkapan disiapkan

Kalau udah mantep mau jualan di Sunmor UGM, kamu bisa sewa tenda di Tondy Tenda. Saat kamu datang buat jualan pagi harinya, kamu langsung tinggal pakai tendanya. Nggak perlu ribet ribet bongkar dan pasang tenda.

Keuntungan lain dari sewa tenda di Tondy Tenda :
1. Tempat yang disediain buat kamu nggak akan ditempati pedagang liar.
2. Saat kamu selesai jualan tenda cukup ditinggalkan saja.
3. Kamu dapat pendampingan berisi trik dan tips jualan di Sunmor UGM.

Ini nih salah satu ukuran tenda yang kami sediakan, tenda ukuran 3×3, tersedia juga berbagai ukuran lainnya ya.

Nah itu salah satu cara yang kami bagikan kepada kamu, pedagang yang ingin mencoba jualan di Sunmor UGM. Tunggu artikel kami yang lainnya ya, masih dengan tema Cara Jualan di Sunmor UGM.

Baca juga ya, cara jualan di Sunmor Maguwo.

Bagikan :

7 comments on Jualan di Sunmor UGM – Cara buka stand buat pedagang umum

    1. kakak cari tempat ke pedagangnya langsung kak.. biasanya ada pedagang yang mau minjemin lapaknya atau memperkerjasamakan penggunaan lapak.. hehe maaf kalau bahasanya terlalu ribet..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *