Cara Jualan di Sunmor UGM – Bagi pedagang mahasiswa

Cara Jualan di Sunmor UGM – Bagi pedagang mahasiswa yang mau coba jualan di Sunmor (Sunday Morning) atau pasar minggu pagi UGM biar nggak bingung dan malah nggak jadi jualan.

Stand di Sunmor UGM
Salah satu stand di Sunmor UGM

Datang dari barat, dari dari timur, mahasiswa.. Ya itu sepenggal lirik lagu perjuangan saat penulis masih berstatus mahasiswa. Jadi malu sendiri jika mengingatnya, tapi ada perasaan bangga juga sih, hehehe. Ini syair disenandungkan saat mahasiswa sedang aksi atau demo, atau gerombolan mahasiswa sedang menggeruduk warung makan yang murah meriah di akhir bulan, mereka berduyun duyun datang dari empat penjuru mata angin walau dalam lirik lagu tersebut hanya ada dua, barat dan timur.

Begitu juga dengan kegiatan mahasiswa di Sunday Morning (Sunmor) UGM. Sunday Morning UGM sebagai sebuah tempat wisata belanja yang terletak di Kampus UGM pun menjadi magnet bagi mahasiswa yang memiliki jiwa wirausaha untuk menjajakan dagangannya. Mahasiswa yang kepepet karena butuh duit, atau mahasiswa yang sedang menggalang dana untuk kegiatan kemahasiswaan bisa ditemukan tiap hari minggu pagi di Sunmor UGM. Selain itu, kamu juga bisa menemukan mahasiswa yang melakukan kegiatan-kegiatan non perdagangan di Sunmor UGM, seperti mahasiswa yang melakukan kampanye, akustikan, dan lain sebagainya.

Nah buat kamu yang mahasiswa, juga bisa untuk ikutan berkegiatan di Sunmor UGM. Tentu ada tatacaranya ya. Cara mendaftarkan kegiatan ini biasanya dibedakan berdasar asal kampus mahasiswa tersebut. Antara mahasiswa UGM sendiri dan mahasiswa luar UGM.

Cara daftar di Sunmor UGM bagi mahasiswa secara umum

Cara paling umum adalah dengan langsung menghubungi Kampus UGM melalui direktorat pengelolaan asetnya. Nanti mereka akan mengarahkanmu untuk mendaftar kepada pihak pihak yang berwenang mengatur kegiatan di Sunmor UGM. Pihak yang berwenang ini ada dua. Hingga tulisan ini diterbitkan, kamu bisa menghubungi Perkumpulan Pedagang Sunday Morning (PPSM) atau menghubungi Komunitas Mahasiswa Peduli Pedagang Sunday Morning (KOMPPAS).

Dalam menghubungi mereka, akan lebih baik jika kamu membuat surat permohonan secara tertulis sehingga bersifat formal. Apalagi jika kegiatanmu berhubungan dengan kegiatan akademis seperti penugasan dari kampus dan praktek dari perkuliahan.

Kamu bisa mengawali pendaftaran perizinan kegiatanmu dengan menghubungi akun akun resmi mereka. KOMPPAS misalnya memiliki akun line resmi yang memang diadakan untuk menerima berbagai aspirasi dari pihak yang ingin berpartisipasi di Sunmor UGM.

https://lin.ee/jWoaRWX

Kamu bisa klik link di atas untuk langsung berhubungan dengan KOMPPAS UGM.

Jualan di Sunmor UGM bagi mahasiswa UGM

Kalo kamu mahasiswa UGM dan pengen jualan di Sunmor UGM, kamu tinggal lanjutkan alur diatas. Atau kamu bisa datang langsung saat KOMPPAS membuka pendaftaran di dunia nyata. Menurut informasi dari KOMPPAS sendiri, KOMPPAS akan membuka semacam stand pendaftaran tiap hari jumat pukul 13.00 WIB di Ghra Sabha Pramana (GSP) UGM sayap barat.

Kalau kamu anak UGM harusnya tau donk dimana itu GSP.

Tuh, penulis sekalian kasih lokasinya. Nanti kamu kesana di waktu yang ditentukan, lalu ke bagian sebelah barat gedung, nanti biasanya ada banyak mahasiswa sedang berkerumun melakukan pendaftaran kepada KOMPPAS UGM.

Jangan lupa untuk membawa identitas kamu sebagai mahasiswa UGM ya, apa itu? ya Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) kamu. Pada sesi tersebut, kamu bisa sekalian tanya tanya banyak hal kepada KOMPPAS UGM.

Saat kamu daftar jualan di Sunmor UGM sama KOMPPAS, kamu akan diberi kesempatan untuk memilih tempat di sepanjang wilayah khusus mahasiswa di Sunmor UGM. Jangan lupa untuk mengurus administrasi dan persuratan yang jadi syarat pendaftaran jualan di Sunmor UGM yang diberikan oleh KOMPPAS.

Oiya, KOMPPAS juga menyediakan sewa tenda lipat juga ya. Jadi kamu kalau pengen jualan tapi nggak punya tenda sebagai perlengkapannya kamu bisa langsung pesen ke mereka. Keuntungannya sewa tenda lipat ke KOMPPAS adalah tenda kamu langsung dipasangin dan kamu tinggal datang dan jualan pada lapak yang telah kamu pilih tersebut.

Jualan di Sunmor UGM bagi mahasiswa luar UGM

Nah bagi mahasiswa luar UGM, kamu juga bisa daftar jualan di Sunmor UGM lewat KOMPPAS. Namun ada beberapa syarat

  1. Kuota tempat untuk mahasiswa masih banyak yang kosong,
  2. Kamu jualan untuk kegiatan yang bersifat non komersil, contohnya praktek kuliah, penggalangan dana, dan kegiatan sejenis.

Syarat yang kedua ini bisa kamu buktikan dengan surat resmi dari instansi terkait. Surat resmi bisa dari pihak kemahasiswaan kampusmu, dari organisasi kemahasiswaan yang kamu ikuti, dan sejenisnya.

Kalau dari syarat diatas tidak terpenuhi, maka kamu tetap bisa jualan di Sunmor UGM.

Kamu bisa ikuti Cara Jualan di Sunmor UGM dengan Cara Umum.

Kesimpulannya

Kalau kamu seorang mahasiswa dan pengen jualan di Sunmor UGM, kamu bisa menghubungi KOMPPAS. nah itu aja kesimpulannya, haha

Terus kalau kamu butuh perlengkapan jualan untuk Sunmor UGM, kamu juga bisa pesen ke KOMPPAS, atau hubungi Tondy Tenda, kami sedia sewa tenda lipat murah untuk kegiatanmu.

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *