Cara Membangun Keunikan Usaha – 10 Cara Ciptakan Bisnis yang Unik (1)

Cara membangun keunikan usaha – 10 cara buat kamu jalani, yang bisa membuat usahamu memiliki keunikan dan berbeda dari usaha lain walaupun bidangnya sama. Sebagai pelaku usaha, besar atau kecil, yang penting kamu menjalani usaha, kamu pasti udah tau bahwa suatu usaha akan selalu ditiru, apalagi jika usahamu merupakan usaha yang berhasil. Berhasil apa, ya berhasil memberi kamu keuntungan salah satunya.

Menjalani usaha itu susah susah gampang

Hanya 50 persen usaha yang akan bertahan hingga lima tahun, dan hanya sepertiganya yang akan melewati usia 1 dekade. Itu kalimat yang umum diucapkan dan tentu kita rasakan karena kita pelaku usaha. Kita bisa lihat, pesaing mulai berguguran saat mereka sudah jengah menjalani usaha. Atau bahkan kita bisa lihat, usaha yang kita adaptasi atau tiru malah udah gulung tikar terlebih dahulu. Jangan-jangan malah kita mulai mikir untuk nutup usaha yang udah kita jalani. Wah jangan sampai terjadi sama tondy tenda deh.

Cara membangun keunikan usaha
Usaha yang unik, menggulung tikar

Banyak sebenernya penyebab suatu bisnis atau usaha itu gagal dan gulung tikar. Salah satu penyebab terbesarnya ya seperti yang mau kami sampaikan, usaha tersebut kekurangan pembeda dengan usaha yang sama dan sejenis. ‘Kurang unik’ kaya gitu kalau mau disampaikan secara pendek.

Umum atau spesifik

Tondy Tenda sering pas masang tenda di tempat-tempat event nemuin pedagang satu dan pedagang lainnya yang jualannya sama, desain promosinya sama, bentuk boothnya sama, tapi ownernya berbeda. Terus masing masing nyalahin yang lain, dan nuduh pihak lainlah yang niru diri mereka. Yang sini nyalahin yang sana, yang sana nyalahin yang sini.

Adalagi pernah penulis nemuin, pedagang kaos kaki, terus dia mengiklankan dirinya,

“sedia segala jenis kaos kaki”

Yang tondy tenda pikir pas mbaca iklannya adalah, ‘terus yang spesial dari usaha ini apa?’ Kaos kaki yang kaya apa yang dia sediain.

Penulis malah ngerasa skeptis, masak sih dia sedia segala macam.. emang kaki gajah juga dia sediain kaos kaki.

Menyatakan diri mampu mengerjakan semua hal tentu berlawanan dengan menjadi spesifik dan unik. Spesialis. Bukankah harga jasa dokter spesialis lebih mahal dibandingkan harga jasa dokter umum.

Sayangnya, banyak pelaku usaha memandang bahwa bisa menyediakan semua hal adalah suatu yang baik. Okelah terkadang memang menjadi serba bisa adalah suatu hal yang baik, tapi untuk menyasar pasar/market yang tepat, kamu perlu menjadi berbeda. Perlu menjadi unik agar terlihat.

Cara membangun keunikan usaha

Sekarang langsung aja, tondy tenda mau berbagi ide buat kamu, dan tondy tenda sendiri, biar usaha yang kita jalani bisa tetap unik, dan bertahan dari kejamnya persaingan usaha.

Berikan pelayanan ekstra atau beri pelayanan tidak biasa.

Pelayanan tidak biasa itu seperti apa? ya yang diluar kebiasaan. Tentu ini diluar pembahasan kualitas pelayanan ya. Kualitas pelayanan itu misalnya kamu jualan makanan, ya rasanya harus enak. Ini yang dimaksud kualitas pelayanan. Kalau pelayanan yang tidak biasa?

Kamu tau kan orang yang jualan bakso atau sayur. Gimana biasanya tampilan mereka? ya gitu gitu aja kan. Ada yang cuman pakai baju bebas yang penting rapi. Ada yang dekil. Yang mendingan hingga serius, mereka jualannya mengenakan seragam saat melayani pelanggan. Nah kalau yang ini? Mereka tidak biasa. Jualan bakso aja yang jualan sampai dandan cantik kaya gitu. Bikin mata betah memandang.

Pelayanan ekstra itu gimana? Contohnya kaya warung ayam goreng franchise yang nyediain teh dan es teh ambil sepuasnya. Atau warung Sambel yang nyediain nasi nambah sepuasnya. Saat warung lain jual nasi dikasih harga tiap porsi, warung warung ini justru nyediain sesuatu yang ekstra.

Sampaikan ketidaknyamanan yang biasa dirasakan konsumen

Kaya tondy tenda, kalau nawarin tenda ke pelanggan ya bilangnya,

“tenda kami nggak bikin kamu repot karena bongkar pasangnya tinggal tarik dan dorong aja. Kebayang nggak kalau kamu harus masangin besi tenda satu persatu, padahal jualan cuman beberapa jam aja”

Cara membangun keunikan usaha, ya lakukan berbeda dari yang lain

Saat yang lain jualan pagi sampai sore, kamu buka sore sampai pagi. Saat yang lain jualannya menetap dalam booth, kamu jualin keliling ndatengin orang orang.

Fokus pada celah pasar yang sempit

Kamu nggak akan bisa memuaskan semua orang. Untuk usaha di bidang jasa, kalimat itu bener bener berlaku.

Buat usahamu terfokus pada bidang tertentu. Lalu yakinlah untuk terus fokus disitu. Seperti kasus bayaran dokter spesialis tadi, tentu lebih mahal daripada dokter umum. Kenapa? karena mereka menghabiskan lebih banyak usaha dan modal untuk menjadi spesialis. Perlu diingat, hasil tidak akan mengkhianati usaha.

Berikan penawaran yang ‘wah’ atau berikan jaminan kepada konsumenmu

Kalau kamu biasa belanja online, kamu bakal liat pedagang yang menjadi ‘trusted seller’ atau ‘super seller’ adalah pedagang yang berani ngasih jaminan ke konsumen. Misal jaminan barang nggak sesuai bisa dikembalikan.

Berlanjut ke artikel Cara Membangun Keunikan Usaha berikutnya ya..

Bagikan :

2 comments on Cara Membangun Keunikan Usaha – 10 Cara Ciptakan Bisnis yang Unik (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *